Sunday, August 26, 2007

Bisnis Voucher
Sejak krisis ekonomi mendera negeri kita, banyak bidang bisnis yang terpuruk, stagnan, atau bahkan mati dan bangkrut. Tapi, ternyata tak semua bidang bisnis mengalami nasib yang mengenaskan itu. Ada satu bisnis yang justru berkembang pesat disaat krisis ekonomi. Bisnis ini tak lain adalah bisnis pulsa / Voucher handphone.

Ide Awal

Maraknya penggunaan telepon seluler atau ponsel di kalangan masyarakat membuat kebutuhan voucher pulsa terus meningkat dari hari ke hari. Tidak heran jika counter voucher pulsa pun menjamur di mana-mana. Alasannya sederhana, selain mudah, usaha ini bersifat fleksibel dan bisa dilakukan di setiap tempat.

Meski Persaingan usaha pengecer pulsa / Voucher memang semakin sengit. Tapi, masih banyak peluang untuk pendatang baru

Fenomena ini muncul karena industri ponsel di Indonesia memang berkembang sangat pesat. Setiap tahun jumlah pemilik ponsel terus bertambah dan sekarang sudah mencapai puluhan juta orang. Mengingat peluang pasarnya masih terbuka lebar, operator-operator Telekomunikasi baru juga terus bermunculan. Selain itu setiap operator juga memiliki beberapa produk sekaligus. Misalnya, selain IM3, PT Indosat Juga memiliki produk Matrix dan StarOne. Kemudian, PT.Telkomsel memiliki produk Simpati, Kartu AS, dan Halo. Selain itu di pasar masih ada Pro XL, Fren (Mobile-8), Esia ( Bakrie Telecom), dan lain-lain. Jika melihat gambaran ini, bukan hal yang aneh jika permintaan pulsa / Voucher untuk ponsel juga semakin membengkak dr tahun ke tahun.

Berdagang handphone dan aksesoriesnya juga masih cukup menarik, karena tidak terlalu banyak dana yang diperlukan sebagai modal usaha. Walaupun harus jeli dalam mencari hand phone second yang bisa didapatkan.

Pertimbangan

Untuk peluang bisnis voucher sendiri ada beberapa kemungkinan, yaitu:Mengambil dari agen. Mengambil dari provider langsung.

Peluang bisnis ini adalah salah satu dari sekian banyak peluang usaha yang juga mengutamakan letak yang strategis untuk mendapatkan keuntungan yang sebanding dengan modal yang dikeluarkan.

Hal ini bisa tidak berlaku apabila telah memiliki pelanggan tetap. Karena, biasanya dari satu voucher senilai Rp. 100,000 misalnya, untungnya hanya seribu atau dua ribu rupiah.

Ada pula yang menyebutkan bahwa modal bisnis voucher adalah bertingkat. Jika punya modal dan koneksi besar, bisa join ke supplier yang lebih besar. Namun jika modal sedikit pun sudah bisa menjalankan usaha voucher. Masing-masing menawarkan kelebihan dan kekurangannya.

Perputaran bisnis pulsa / Voucher itu menjadi semakin cepat ketika mulai muncul pulsa handphone dengan pengisian secara elektronik di pasaran. Pasalnya, teknologi pengisian pulsa secara elektrik ini membuat para pedagang bisa mengecer pulsa dagangannya ke dalam pecahan yang kecil-kecil.Namun, ketika masih ada voucher fisik, pedagang hanya bisa menjual pulsa dalam pecahan Rp 100.000, atau Rp 50.000. Sekarang, mereka bisa menjual pulsa elektrik dengan nominal Rp 100.000, Rp 50.000, Rp 20.000, Rp 10.000, dan bahkan Rp 5.000. "Pokoknya voucher ini sekarang sudah benar-benar menjadi komoditas" Dengan pecahan yang semakin kecil, otomatis perputaran duit pada pemilik gerai pulsa juga semakin cepat. Hasilnya, karena jumlah transaksi yang terjadi semakin banyak, maka juga memiliki peluang semakin banyak untuk mengantongi keuntungan.

Untuk mendongkrak keuntungan, selain menjual voucher pulsa, para pelaku usaha di bidang ini biasanya juga menambahkan pernak-pernik aksesori handphone dan kartu perdana. Selain memperoleh keuntungan dari transaksi, beberapa provider juga sering memberikan bonus- bonus.

1 comment:

Anonymous said...

kami menawarkan kerjasama Pemasaran Distributor Pulsa eletronik, Master Dealer dan Dealer Seluruh Indonesia :
Keunggulan:
1.Trx Cepat. Server Jarang Down. Bisa dibuktikan.
2.Harga Distributor OK, profit Sale Ok.
3.Stok Terjamin (Sangat Jarang kosong dan gangguan)
4.Costumer service 24 JAM
5.Bisa Set Harga dan Komisi Sendiri Plus Komisi
Sistem. (setidaknya ada 2 potensi Komisi)
6.Jam transaksi 24jam Online
7.Transaksi tidak memotong Saldo, tanpa biaya reply, fee deposit, Biaya tersembunyi lainnya.
8.Strategi Marketing Bebas, Bebas Rekrut Agen, Dealer, Sub dsbnya tanpa perlu disetorkan ke kami, Bebas.
9.Support H2H, trx via SMS, GPRS, HTTP/WEB.
10.ada web reporting utk memantau trx, rekap dan pembukuan utk semua mitra.

www.firstwira.com / hotline: (021) 71252025; 081933500401, 085263419538
support@firstwira.com
dompetsaldo@yahoo.com